Berbagi tips untuk foto landscape

Akhir-akhir ini saya lebih sering mengexplore foto landscape (masih belajar), dan saya juga mendapat inbox melalui fb yang menanyakan, pake gear apa bang ? kok fotonya bagus-bagus. Dengan mendapat inbox dari beberapa kawan di FB tersebut dan tidak bermaksud untuk sombong dalam ilmu fotografi, maka saya mencoba menulis sedikit pengalaman saya di dunia landscape. Oh ya, saat ini gear yang saya gunakan caon EOS kiss X4, Sigma 10-20 mm, tripod, CPL, GND hitech 1.2 soft dan ND 32.

Berikut beberapa tips dari saya (berdasarkan pengalaman sendiri) :
1. Kuasai Diagfragma, speed dan ISO. Dengan menguasai 3 kunci fotografi tadi, maka anda akan dapat menghasilkan foto yang tidak over dan tidak under (keuntungannya adalah di saat proses editing, anda akan tidak bekerja terlalu berat)
2. Berikut beberapa peralatan wajib (menurut saya), unutk membantu kita menghasilkan foto landscape yang bagus. Diantaranya :
a. lensa wide : Dengan lensa wide kita memiliki keuntungan untuk mengambil pemandangan yang luas dan memberikan kesan yang lebih asyik dalam berlandscape ria
b. filter : alat ini berperan besar dalam menghasilkan foto bagus. Saat ini di pasaran banyak sekali ragam filter yang di jual. Secara garis besar (berdasarkan pengetahuan saya) berikut sedikit fungsi filter yang saya ketahui:
- CPL : Filter ini berfungsi untuk membirukan langit, mengatur saturasi warna dan juga dapat mengatasi pantulan pada permukaan cermin dan air.
- GND : Filter ini berfungsi untuk mengatasi perbedaan exposure
- ND : Filter ini mengatur kegelapan cahaya yang akan masuk ke lensa, biasanya filter ini di gunakan untuk memotret lebih lambat (istilah gaulnya SS = slow speed)
- Cable Release (Remot) : alat ini sangat berguna jika anda ingin melakukan pemotretan bulb agar terindar dari goyangan.
c. Tripod : Alat ini merupakan peralatan wajib bagi landscaper ^_^, mengenai fungsi, mungkin kawan-kawan sudah tau semua.
3. File berformat RAW, di saat mengambil foto landscape...saya cenderung lebih menyukai format RAW. Keuntungannya adalah kita dapat mengatasi berbagai kesalahan, seperti : over, under, salah picture style dll.
4. Yang terakhir adalah lokasi (spot). Lokasi yang bagus tentu akan lebih menghasilkan foto yang bagus pula ^_^. Saat-saat terindah untuk berlandscape adalah pagi hari (sunrise), sore hari (sunset).
Semoga dengan sedikit tulisan di atas dapat membantu rekan-rekan untuk lebih memahami dunia foto landscape. Tulisan di atas masih banyak kekurangan, karena saya menulis berdasarkan pengalaman pribadi dalam berlandscape ria .

Berikut beberapa foto landscape saya :